Tugas 3

Pendahuluan

  1. Latar Belakang

Pada abad ke – 21 saat ini dikenal istilah “Era Globalisasi”. Hal ini ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dibidang komunikasi. Konsumsi masyarakat akan teknologi tidak dapat terhindarkan. komunikasi yang dulunya memerlukan waktu lama dalam penyampaiannya kini dengan mudah teknologi menjadi sangat dekat dan tanpa batas. Karena sekarang handphone dilengkapi dengan beberapa fitur yang membuat handphone memiliki beberapa fungsi selain menelepon atau saling bertukar pesan singkat juga sebagai gaya hidup, sebagai penunjang penampilan, tren dan prestise.

Kemajuan teknologi akhir ini sangat pesat, begitu pula khususnya teknologi komunikasi. Kalau dibandingkan antara kemajuan teknologi komunikasi dan kemajuan cara berfikir SDM masyarakat pada rata-rata, maka seperti antara deret kali dan deret hitung dalam matematika. Penggunaan handphone menggeser dengan signifikan penggunaan alat komunikasi lain seperti penggunaan telepon rumah dan telepon umum.

Saat ini sebagian masyarakat sudah tidak peduli lagi seumpama telepon rumah rusak tidak berfungsi. Dan telepon umum sudah pada dibongkar untuk kepentingan lain. Penggunaan alat komunikasi handphone sangat membantu kecepatan lalu lintas informasi dan khususnya keputusan hubungan bisnis. Tidak bisa lagi sebuah berita ditutup-tutupi dari fakta yang sebenarnya terjadi, untuk kepentingan golongan tertentu. Sedang dibidang KAMTIBMAS, bisa lebih cepat mengungkap terjadinya tindak kriminal dan menentukan tersangkanya.

Dalam bidang bencana alam atau suatu kecelakaan lebih mempercepat upaya pertolongan terhadap korban. Namun dipihak lain juga meningkatkan modus operandi tindak kejahatan. Oleh karena itu, kita yang masih berfikiran waras agar tetap berhati-hati dan mempergunakan sebaik-baiknya alat komunikasi tersebut.

  1. Rumusan Masalah

– Apa peranan handphone terhadap kehidupan remaja seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi?

– Apa pengaruh handphone bagi kehidupan?

– Apa dampak yang ditimbulkan dari penggunaan handphone?

– Bagaimana sikap masyarakat dalam menghadapi dunia teknologi yang sangat canggih saat ini ?

  1. Tujuan Penelitian

– Untuk mengetahui seberapa besar dampak penggunaan handphone dikalangan remaja saat ini.

– Untuk menambah wawasan terhadap perkembangan handphone yang terjadi saat ini.

– Untuk mengetahui pentingnya komunikasi dengan menggunakan handphone.

– Memberikan informasi kepada para remaja dan masyarakat mengenai dampak penggunaan handphone.

  1. Manfaat Penelitian

Dampak Positif penggunaan handphone, yaitu :

  1. Mempermudah komunikasi.
  2. Menambah wawasan akan perkembangan teknologi saat ini.
  3. Memperluas jaringan persahabatan tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

Dampak Negatif dari penggunaan handphone, yaitu :

  • Mengganggu perkembangan anak.

Dalam handphone tersedia fitur – fitur seperti permainan (games) dan aplikasi lainnya yang tentu saja akan mengganggu waktu kegiatan belajar, sehingga menjadi tidak fokus. Hal ini akan berakibat kepada sang anak (termasuk remaja) ingin segera memiliki handphone sebelum waktunya. Waktu yang seharusnya digunakan untuk hal-hal positif, dihabiskan berjam – jam untuk menggunakan handphone.

  • Efek Radiasi

Secara teknik operasional, sinar elektromagnetik yang dipancarkan pada handphone dapat merusak penglihatan mata jika hal ini dilakukan secara terus – menerus. Efek radiasi yang ditimbulkan handphone sangat besar dan tak sedikit kerugian bagi pemakainya bisa saja terkena penyakit kanker dari gelombang elektromagnetik pada handphone.

  • Rawan akan tindak kejahatan

Tak cukup sampai itu, penggunaan handphone yang tidak sesuai pada tempatnya dan bisa jadi pusat perhatian bagi orang-orang yang mempunyai niat jahat. Hal ini menyebabkan terjadinya tindak kriminal yang sering terjadi di dalam angkutan umum. Apalagi pelajar menjadi sasaran utama para penjahat, walaupun tidak mengenal batas usia.

  • Sangat berpotensi mempengaruhi perilaku dan sikap remaja

Hal ini bisa disalahgunakan untuk mengetahui hal-hal yang tabu yang belum pada waktunya, seperti melihat situs yang tidak di izinkan atau di tonton sesuai dengan usianya.

Sering terjadi penyimpangan seperti pelecehan seksual, pemerkosaan, dan lainnya ini yang ditimbulkan hal-hal yang seharusnya belum pada waktunya.

  • Pemborosan

Selain itu, dengan menggunakan handphone tentu saja akan menambah pengeluaran biaya seperti pulsa, alat penunjang dan lainnya agar tetap terus beroperasi handphone untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. Padahal sebagian remaja disini belum mempunyai penghasilan sendiri.

Tentang nurulinarhandayani

I love Myself, so be gently to yourself. Because you're really friend who can help you is your own self
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s