MITOS MENJADI SEBUAH FAKTA ILMIAH

Mitos adalah cerita yang “aneh” yang seringkali sulit dipahami maknanya atau diterima kebenarannya karena kisah di dalamnya “tidak masuk akal” atau tidak sesuai dengan logika yang kita temui sehari-hari. Mitos secara tidak langsung merupakan warisan budaya dari nenek moyang kita yang sudah turun temurun sejak zaman dahulu kala pada khususnya daerah kawasan Asia pada umumnya. Mengingat bahwa orang zaman dahulu banyak mengikuti, menganut dan mempelajari hal-hal yang gaib dan kebanyakan mengabaikan logika dan lebih mempercayai apa yang sudah menjadi tradisi adat istiadat nenek moyang secara turun temurun.

Mitos diterima oleh masyarakat karena kurangnya pola pikir, pengetahuan dan pandangan terhadap dunia yang modern masih sangat kurang. Sehingga membuat orang-orang pemikirannya lebih “tertutup” terhadap dunia yang berkembang modern saat ini. Mitos bisa juga disangkut pautkan dengan hal-hal yang berbau gaib , padahal sebenarnya tidak ada hubungannya dengan hal itu. Namun di lain pihak mitos juga bisa diterima secara logika, apabila kita cermati akiba-akibatnya di dunia nyata kalau kita melanggarnya.

Contoh mitos yang berkembang dan beredar di kalangan masyarakat yaitu wanita tidak boleh duduk di depan pintu pamali. Menurut pemikiran orang zaman dahulu ini menandakan bahwa wanita tidak akan mendapat jodoh atau jauh dari jodohnya. Fakta ilmiahnya, bila wanita duduk di depan pintu hal ini jelas sangat menganggu dan akan menghalangi orang yang akan masuk dan keluar rumah. Selain itu juga menyebabkan orang yang duduk didepan pintu bisa terkena penyakit, karena adanya perbedaan udara antara didalam maupun diluar rumah.

Sumber : http://www.pengertianahli.com/2014/08/pengertian-mitos-apa-itu-mitos.html

Tentang nurulinarhandayani

I love Myself, so be gently to yourself. Because you're really friend who can help you is your own self
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s