Tugas 1 Rangkuman

Bahasa Indonesia yang dipakai dalam sehari-hari berasal dari Bahasa Melayu. Namun dalam perkembangannya Bahasa Indonesia dalam pergaulan sehari-hari dipengaruhi oleh bahasa daerah dan bahasa asing yang beranekaragam, karena Negara Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan ras yang jumlahnya sangat banyak. Oleh karena itu dalam pemakaiannya sehari-hari baik dalam tulisan maupun secara lisan harus diusahakan memakai bahasa Indonesia baku yang telah disempurnakan yang bisa dimengerti oleh seluruh bangsa Indonesia. Sampai saat ini bahasa Indonesia masih sangat dipengaruhi oleh bahasa gaul yang tidak baku. Dalam usaha untuk mengembangkan penggunaan bahasa Indonesia yang lebih baik dan baku perlu usaha keras untuk menuju kearah tersebut. Penyampaian materi bahasa Indonesia sebaiknya perlu diperhatikan secara serius dalam kegiatan perkuliahan. Salah satunya dengan cara memperbanyak waktu diskusi dan presentasi dengan menggunakan bahasa yang baik dan baku. kita sebagai mahasiswa di tuntut untuk mempelajari, memahami, dan menguasai bahasa Indonesia secara baik dan benar serta dalam penggunaan sehari-hari baik dalam tulisan maupun secara lisan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mempelajari bahasa Indonesia yang baik dan baku dalam hal penulisan, yaitu : Fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia, ragam bahasa, ejaan, diksi maupun dalam kalimat efektif.
Pada tahap pertama ini, fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia adalah bertujuan untuk mempermudah komunikasi antara warga Indonesia khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi bahasa Indonesia pada umumnya yaitu adalah sebagai bahasa persatuan. Selain itu, kedudukan bahasa Indonesia yaitu sebagai alat pemersatu bangsa, sebagai lambang identitas nasional, sebagai lambang kebanggaan nasional, sebagai alat penghubung nasional dan sebagai satu-satunya bahasa resmi yang tercantum dalam Undang-undang. Pada tahap kedua, yaitu ragam bahasa. Di dalam penulisan, ragam bahasa sangat diperlukan sesuai dengan pemakaiannya, yang berbeda-beda menurut topic pembicaraannya baik dalam penggunaan bahasa baku maupun bahasa non baku. Ragam lisan disini tergantung pada penekanan suara, yang memerlukan kehadiran orang lain, dan unsur gramatikal tidak terlalu diperhatikan. Untuk lebih diperjelas lagi ragam lisan harus dibantu oleh gerak tubuh sesuai dengan tujuan dari pembicaraannya tersebut. biasanya pada inti pembicaraan tersebut ada pada penekanan suara. Ragam tulis ditekankan kepada tata cara penulisan dan kosakata yang mudah dibaca dan dipahami oleh setiap orang dan sesuai dengan tata bahasa yang berlaku.
Tahap selanjutnya mempelajari ejaan terutama Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Unsur – unsur yang perlu diperhatikan dalam ejaan ini adalah penggunaan huruf vocal dan konsonan, pemakaian huruf capital dan huruf miring, pemakaian tanda baca, penulisan angka dan bilangan, singkatan dan akronim. Tujuan dalam mempelajari ejaan ini adalah supaya kita bisa menulis dengan baik dan benar , untuk mempermudah agar dapat dimengerti oleh pembaca.
Tahap ke empat dalam pembelajaran ini adalah diksi. Diksi dalam arti luasnya mempunyai makna yaitu pemilihan kata yang tepat dan selaras. Untuk itu dalam mengungkapkan gagasan baik dalam lisan maupun secara tulisan kita harus memperhatikan hal tersebut diatas. . Selama dalam memahami diksi kita akan mempelajari berbagai macam hubungan makna, beberapa diantaranya sinonim, antonym, polisemi, hiponim, hipernim, homonym, homograf dan homofon terutama makna denotasi dan makna konotasi.
Tahap akhir dalam pembelajaran ini adalah kalimat efektif. Kalimat disini menekankan agar kita bisa menuliskan dan berbicara dengan cara yang baik dan benar. Dalam sebuah kalimat terdapat hal yang harus diperhatikan yaitu adanya subjek, predikat, objek , pelengkap dan keterangan. Hal ini juga sama berlaku dalam kalimat efektif. Dimana kalimat efektif disini adalah kalimat yang jelas, singkat dan tepat untuk dapat menarik pendengar ataupun pembaca.
Dengan mempelajari hal tersebut diatas , akan meningkatkan pengetahuan kita untuk menggunakan bahasa Indonesia baku yang baik dan benar. dalam menggunakan bahasa Indonesia baku yang baik dan benar , agar kita dapat mengekspresikan kemauan dan keinginan kita agar orang lain dapat mengerti apa yang kita sampaikan dengan mudah.

Tentang nurulinarhandayani

I love Myself, so be gently to yourself. Because you're really friend who can help you is your own self
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s